1. Media sosial mampu menjangkau lebih banyak konsumen
Raih lebih konsumen baru melalui pemasaran melalui media sosial (Sumber: newsela.com)
Dibandingkan dengan televisi, mayoritas masyarakat saat ini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain media sosial. Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkan situasi tersebut dengan memasarkan bisnis melalui metode endorsement, pay ads, atau meningkatkan keyword untuk memaksimalkan visibilitas SEO di aplikasi mesin pencarian. Jangan lupa manfaatkan fitur like dan share untuk membuat bisnis Anda lebih banyak dilihat masyarakat.
2. Membangun networking dengan media sosial
Melalui media sosial, Anda dapat membangun dan memperluas networking (Sumber: wc.iabc.com)
Selain menjangkau lebih banyak konsumen, melalui media sosial, Anda juga dapat membangun networking untuk membuat bisnis semakin berkembang. Melansir Business (2018), media sosial dapat membuka kesempatan bagi Anda untuk berkenalan dengan investor yang mungkin saja dapat membantu mengembangkan usaha Anda. Tidak hanya itu, Anda juga dapat bergabung dengan komunitas bisnis yang bisa dimanfaatkan untuk saling bertukar pikiran.
3. Media sosial membantu membangun reputasi bisnis
Bangun reputasi bisnis Anda dengan bantuan media sosial (Sumber: boostability.com)
Reputasi bagi sebuah bisnis adalah hal yang penting untuk bisa mendapatkan kepercayaan konsumen. Melalui media sosial, Anda dapat membangun reputasi bisnis dengan cara membuat konten yang baik serta menyiapkan tim media sosial yang cekatan untuk menjawab berbagai pertanyaan serta komentar dari masyarakat. Sikap cepat tanggap serta informatif, akan membuat bisnis Anda memiliki citra yang baik di mata konsumen.
4. Dapat digunakan sebagai media untuk riset
Media sosial dapat menjadi sarana riset pasar dan juga kompetitor (Sumber: letsintern.com)
Dalam menjalankan suatu bisnis, Anda tentu ingin produk/jasa yang diproduksi menjadi unggulan dan mengalahkan kompetitor. Untuk dapat mencapai semua itu, dibutuhkan riset guna mengetahui keinginan konsumen dan mencari tahu kelemahan kompetitor. Jika dulu Anda membutuhkan banyak biaya untuk melakukan riset pasar, kini semua itu dapat dilakukan dengan media sosial. Beberapa fitur di media sosial seperti Instagram secara otomatis akan memberikan laporan mengenai presentasi followers serta waktu terbaik untuk mem-posting konten di akun Anda.
5. Media sosial sebagai sarana rekrutmen
Manfaatkan media sosial untuk merekrut karyawan potensial (Sumber: askjaywarren.com)
Tidak hanya mampu meningkatkan pendapatan usaha Anda, media sosial juga dapat membantu fungsi HRD untuk melakukan rekrutmen. Dengan media sosial, Anda dapat mengunggah informasi lowongan pekerjaan sekreatif mungkin sehingga menarik calon karyawan potensial.
Nah, Rekan Kerja, itu tadi manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan pemasaran melalui media sosial. Bagi bisnis IKM, media sosial akan menjadi media yang tepat untuk mengembangkan usaha karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak untuk beriklan.
Selain memanfaatkan media sosial, manfaatkan juga aplikasi pelatihan gratis seperti ruangkerja untuk menambah keterampilan Anda dalam mengelola bisnis IKM. Pelajari berbagai keterampilan seperti SNI dan pengemasan produk di kelas IKM Digital Learning di aplikasi ruangkerja, GRATIS!
0 Comments